Tujuan dan Fungsi NKRI | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Tujuan dan Fungsi NKRI

Tujuan dan Fungsi NKRI

 

NKRI

Pada umumnya, setiap Negara pasti mempunyai tujuan dan fungsi tertentu yang ingin dicapainya. Begitu pula dengan Negara kita, Negara Indonesia yang mempunyai tujuan dan fungsi yang dijalankannya.

Oleh karena itu, sebagai warga Negara yang baik, ada baiknya jika kita mengetahui apa saja tujuan dan fungsi NKRI itu sendiri. NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia sendiri merupakan Negara yang kita tinggali dan tempati.

Pada dasarnya, mungkin anda sudah pernah mendengar seperti apa tujuan dan fungsi NKRI itu, khususnya dalam mata pelajaran kewarganegaraan. Oleh karena itu, tentunya tujuan dan fungsi NKRI tidak lagi hal yang baru bagi anda.

Akan tetapi, mungkin sebagian dari anda sudah lupa seperti apa tujuan dan fungsi NKRI. Secara umum, pengertian Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik pada bidang politik, militer, ekonomi, social atau budayanya diatur oleh pemerintah yang berada pada wilayah tersebut. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut dan berdiri secara independen.

Sedangkan NKRI sendiri sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari peristiwa proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, karena melalui proses proklamasi inilah bangsa Indonesia berhasil mendirikan Negara dan sekaligus menyatakan kepada dunia lain bahwa sejak saat itu ada Negara baru, yaitu NKRI atau Negara kesatuan republic Indonesia.

Untuk lebih jelas mengenai tujuan dan fungsi NKRI, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Tujuan NKRI

 

Pada dasarnya, sebuah Negara sebagai sebuah organisasi dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat mempunyai fungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat luas untuk mencapai berbagai tujuan dari Negara itu sendiri.

Adapun beberapa tujuan dari Negara secara umum, di antaranya adalah :

-          Sebagai stabilisator atau menjaga ketertiban

-          Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya

-          Mengusahakan pertahanan untuk menangkal serangan dari luar

-          Menegakkan keadilan

Selain itu, menurut seorang ahli yang bernama Dante Aligheri yang menyatakan bahwa tujuan Negara adalah untuk mencapai perdamaian dunia, oleh karena itulah dibentuk Negara dalam satu imperium raja atau kaisar.

Sementara John Lock berpendapat bahwa Negara harus membentuk dan mempertahankan hukum agar hak dan kemerdekaan warga Negara terpelihara dengan baik. Negara juga tidak hanya memelihara ketertiban hukum saja, melainkan juga menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Tujuan dari NKRI sendiri adalah mewujudkan Negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan rumusan singkat, cita cita NKRI ini adalah terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur yang berdasarkan pada pancasila dan UUD 1945.

Tujuan NKRI sendiri bisa kita lihat dalam penjabarannya dalam alinea ke IV dalam pembukaan UUD 1945, di antaranya adalah :

-          Melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia

-          Memajukan kesejahteraan umum

-          Mencerdaskan kehidupan bangsa

-          Ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social.

  • Fungsi NKRI

 

Pada dasarnya, fungsi Negara, seperti yang telah dikemukakan oleh Montesqui  adalah mencakup :

-          Fungsi legislative atau membuat undang undang

-          Fungsi eksekutif atau menjalankan undang undang

-          Fungsi yudikatif atau mengadili terhadap pelanggaran undang undang

Sedangkan seorang ahli yang bernama Goodnow membagi fungsi Negara menjadi dua macam, di antaranya adalah :

-          Policy making atau membuat dan menyelenggarakan kebijakan tertentu

-          Policy executing atau melaksanakan kebijakan yang telah ditentukan

Terlepas dari beberapa pendapat tersebut, pada dasarnya Negara mempunyai fungsi sebagai berikut :

-          Melaksanakan penertiban atau Law and Order yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah berbagai bentrokan dalam masyarakat. dalam fungsi ini, bisa dikatakan bahwa fungsi Negara adalah stabilisator

-          Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyatnya

-          Fungsi pertahanan untuk menjamin tegaknya kedaulatan Negara dalam mengantisipasi kemungkinan adanya serangan yang dapat mengancam kelangsungan hidup bangsa. oleh karena itu Negara dilengkapi dengan alat pertahanan

-          Menegakkan keadilan yang dilaksanakan melalui lembaga peradilan yang berlaku secara umum.

Inilah sekilas mengenai tujuan dan fungsi NKRI. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin