UJIAN NASIONAL “2013” | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Beasiswa » UJIAN NASIONAL “2013”

UJIAN NASIONAL “2013”

 

UJIAN NASIONAL “2013”

Seperti yang kita ketahui bahwa UN atau biasa di panggil ujian nasional adalah sesuatu yang paling menakutkan bagi para pelajar dri SD sampai SMA. Bahkan banyak para pelajar berharap mereka tidak berhadapan dengan ujian nasional dan tidak banyak juga yang mengatakan untuk apa diadakan UN. Tapi sungguh sangat disayangkan harapan mereka tidak terwujud karena pasti mereka harus menghadapi ujian nasional, sebenarnya pemerintah membuat ujian nasional sebagai suatu ukuran untuk mengetahui kemampuan para pelajar. Dari tahun ke tahun pemerintah membuat standar kelulusan, bahkan bisa kita lihat setiap tahun standar kelulusan terus meningkat untuk dapat meningkatkan mutu para pelajar. Bukan hanya standar kelulusan yang terus ditingkatkan tetapi system dalam pembuatan dan pengawasan soal juga ditingkatkan.

Mulai Tahun 2011 adalah tahun yang sangat menegangkan bagi pelajar SMA karena pada tahun itu muncul system baru bahwa soal ujian nasional ada lebih dari dua paket, dari yang sebelumnya kita ketahui bahwa dalam satu ruangan ujian hanya ada 2 paket yaitu ‘A’ dan ‘B’. Hal itu membuat para pelajar harus mempersiapkan diri sematang mungkin. Sebenarnya perbedaan soal dalam satu ruangan untuk meminimalisir tindakan yang sudah terbiasa bagi pelajar dalam ujian yaitu mencontek. Di tahun 2012, mempunyai system yang sama dengan standar kelulusan yang di tingkatkan. Belum lagi untuk masuk ke PTN mereka harus mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Selain memberatkan para pelajar karena mereka harus mengikuti ujian lagi, anggaran Negara pun menjadi besar. Melihat hal tersebut pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, “rencana menghapus jalur ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan berlaku tahun 2013 mendatang. Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu dan anggaran, serta sebagai pelecut untuk memperkokoh nilai rapor dan nilai ujian nasional (UN) yang kredibel. dihapusnya ujian tulis pada SNMPTN juga dianggap lebih ekonomis dan membantu meringankan beban anggaran pendidikan. Sebab, secara otomatis tak ada lagi kebutuhan anggaran untuk mencetak naskah soal dan jawaban ujian tulis SNMPTN”.Tapi sebelumnya “Kami mau lihat dulu. Tahun ini tes terakhir untuk pelaksanaan UN yang kredibel. Pemerintah melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) serius melakukan itu,” ujar Musliar.

Menurut dia, pelaksanaan UN tahun ini memang dirancang secara serius dari sisi kredibilitas penyelenggaraan dan menekan kemungkinan terjadinya kebocoran dan kecurangan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pencetakan naskah UN yang langsung ditangani pusat. Tahun-tahun sebelumnya, pencetakan naskah soal UN ditangani provinsi dan disinyalir menyebabkan banyak terjadi kebocoran. Hal itu terjadi karena adanya kepentingan, di antaranya menyangkut kredibilitas kepala dinas daerah tersebut . “Katanya, kredibilitas kepala dinas tergantung dari berapa persen anaknya yang lulus dan berapa nilai UN yang diperoleh. Karena itu, pada tahun ini pencetakan (naskah UN) dipusatkan untuk menekan tingkat kebocoran,”. Bahkan, lanjutnya, ke depannya Kemdikbud berencana. Proses seleksi hanya berdasarkan nilai rapor yang diunggah sejak siswa duduk di kelas 1 SMA. Nilai diunggah melalui sebuah sistem yang tidak bisa diubah lagi sehingga meminimalisir peluang rekayasa.

Apapun keputusan nanti di tahun 2013 semoga itu adalah keputusan yang baik bagi para pelajar-pelajar Indonesia untuk mecapai mutu dan kualitas yang baik kedepannya demi bangsa dan Negara.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

May
28
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin