Ujian Nasional 2013 / 2014 | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Info pendidikan » Ujian Nasional 2013 / 2014

Ujian Nasional 2013 / 2014

 

Tahun ini, anda – anda sebagai pelajar tingkat SD, SMP, maupun SMA akan memasuki tahun ajaran 2012 / 2013. Dan pada tahun ajaran itu, anda yang kelas enam SD, tiga SMP, maupun tiga SMA akan menghadapi ujian nasional 2012 / 2013. Namun, anda pernah berpikir kedepan dan mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian nasional tahun – tahun selanjutnya? Seperti ujian nasional 2013 / 2014 yang akan di hadapi oleh siswa kelas lima SD, dua SMP, atau dua SMA. Mungkin ada yang telah memikirkan nya dan ada juga yang tidak mau terbebani, sehingga belum mau memikirkan nya.

Seperti yang anda tahu, setiap tahun tingkat kompetensi pendidikan di Indonesia terus mengalami peningkatan. Sama halnya dengan nilai minimal kelulusan ujian nasional. Dari tahun ke tahun, nilai minimal ujian nasional terus mengalami peningkatan, contoh nya pada tahun 2008 yang nilai minimum nya adalah 5,25 namun pada tahun 2009 nilai minimum kelulusan mengalami peningkatan ke angka 5,50. Oleh karenanya, di perkirakan nilai kelulusan minimal pada ujian nasional 2013 / 2014 akan mengalami peningkatan.

Ujian Nasional

Sebelum kita mengenal lebih dalam mengenai ujian nasional, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu ujian nasional dan juga sistem penilaian nya. Ujian nasional adalah suatu ujian yang di adakan secara nasional yang tujuan awal nya sebagai alat pemetaan tingkat pendidikan yang ada di wilayah Indonesia. Namun, belakangan ini arti dari ujian nasional telah berubah menjadi penentu keberhasilan seorang siswa dalam belajar.

Dulu, sistem dari penentuan kelulusan seorang siswa adalah dengan cara melihat nilai dari ujian nasional nya. Oleh karena nya ujian nasional menjadi satu – satu nya penentuan kelulusan seorang siswa. Apabila nilainya di bawah nilai minimal kelulusan, maka siswa tersebut di nyatakan tidak lulus. Karena nya anak tersebut harus mengulang kembali atau mengambil paket A, B, atau C. Namun, sejak tahun 2011, terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam penentuan kelulusan siswa. Pada tahun tersebut, nilai seorang siswa di dapat bukan hanya dari ujian nasional saja, melainkan dari nilai siswa tersebut di sekolah. Rumus perhitungan nilai nya adalah 0,6 x nilai ujian nasional + 0,4 x nilai sekolah.  Dengan sistem penilaian tersebut, ujian nasional menjadi bukan satu – satu nya yang menentukan kelulusan seorang siswa.

Walaupun sudah mengalami perkembangan dalam sistem penilaian nya, namun ujian nasional belum berfungsi sebagai mana sebenar nya ujian nasional itu dibuat. Di harapkan ujian nasional dapat kembali ke fungsi awal nya. Ujian nasional ini di buat dalam rangka menjalankan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 yang mana menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Tips Menghadapi Ujian Nasional 2013 / 2014

Dengan berkembangan teknologi dan informatika dewasa ini, maka taraf kompetensi kelulusan siswa juga akan meningkat. Kemungkinan terjadi nya kenaikkan terhadap nilai kelulusan ujian nasional tahun 2013 / 2014 tidak dapat di perkirakan. Bisa saja sistem dari ujian nasional pada tahun ajaran 2013 / 2014 akan mengalami perubahan menjadi sesuatu yang belum kita duga. Seperti rumor bahwa dulu ujian nasional akan di laksanakan dengan sistem online. Bisa saja pada ujian nasional 2013 / 2014 sistem ujian nya akan di laksanakan dengan sistem online. Oleh karena nya sebagai siswa kita sudah harus ada antisipasi dalam menghadapi ujian nasional ke depan nya. Oleh karena nya saya akan memberikan beberapa tips dalam menghadapi ujian nasional yang akan di hadapi pada tahun ajaran 2013 / 2014. Adapun tips – tips nya antara lain :

  • Siapkan mental anda terhadap apapun

Seperti yang tadi saya katakan, bisa saja sistem dari ujian nasional akan mengalami perubahan. Contoh nya saja saat menghadapi ujian nasional 2010 / 2011. Pada tahun ajaran tersebut, terjadi perubahan sistem ujian nasional menjadi lima paket. Oleh karena nya, mental seorang siswa harus di asah agar kuat dalam menghadapi segala sistem ujian yang akan di laksanakan.

  • Belajarlah dengan tekun dan jangan malas – malasan

Kebanyakan orang pasti nya ada yang memiliki sifat baru mau melakukan sesuatu pada saat terdesak. Namun sifat itu tidaklah baik, oleh karenanya untuk dapat menghadapi ujian nasional 2013 / 2014 maka siswa tersebut harus tekun dalam belajar dan jangan malas belajar.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
11
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin