UM UGM | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTN » UM UGM

UM UGM

 

UM UGM merupakan program yang dibuat oleh universitas ini untuk memudahkan para calon mahasiswanya untuk mendaftar ke universitas ini. UGM merupakan singkatan dari Universitas Gajah Mada. Universitas Gajah Mada ini setiap tahunnya selalu mengadakan UM UGM untuk para siswa sekolah tingkat SMA. Universitas Gajah Mada ini sangat terkenal dikalangan universitas di Indonesia.

Universitas Gajah Mada didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. Universitas ini sangat berperan sebagai pengemban pancasila dan universitas pembina di Indonesia. Hal yang membuat universitas ini menjadi sangat istimewa. Universita Gajah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta.

Di UGM banyak tersedia fakultas-fakultas yang dicari oleh siswa. Makanya UGM merupakan salah satu inversitas favotit yang ada di Indonesia. Tetapi pada awal didirikan universitas Gajah Mada ini hanya memiliki 6 fakultas. Dan terus berkembang sampai sekarang telah memiliki 18 fakultas. Hal ini sangat luar biasa. Ada juga satu program pascasarjana atau untuk S2 dan S3. Dalam hal ini kegiatan universitas ini dilakukan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Didalam nya terdiri atas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jenis fakultas yang tersedia di universitas Gajah Mada ini seperti fakultas biologi, ekonomika & bisnis, farmasi, filsafat, geografi, hukum, ilmu budaya, isipol, kedokteran, sekolah pascasarjana, kedokteran gigi, kedokteran hewan, kehutanan, MIPA, pertanian, peternakan, psikologi, teknik, teknoligi pertanian dan sekolah vokasi. Banyaknya jumlah fakultas yang tersedia membuat universitas Gajah Mada ini menjadi universitas yang lengkap. Dan juga universitas Gajah Mada ini merupakan salah satu universitas tertua yang ada di Indonesia.

UM UGM kemudian dilakukan dalam dua macam yaitu seleksi nasional dan seleksi mandiri UGM. Untuk seleksi nasional dibagi lagi menjadi dua yaitu penelusuran bibit unggul dan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Untuk penelusuran bibit unggul akan dibagi menjadi yang pertama penelusuran bibit unggul tidak mampu (PBUTM) yang merupakan seleksi untuk memberikan bantuan bebas biaya semester selama 8 tahun. Tetapi khusus untuk siswa yang memang tidak mampu dalam keadaan ekonominya. Program ini sudah berjalan semenjak tahun 2004. Kedua penelusuran bibit unggul berprestasi dengan beasiswa (PBUBB) yang diberikan kepada siswa yang merupakan pemenang olimpiade bidang pengetahuan tingkat nasional atau juga finalis tingkat internasional. Beasiswanya juga akan diberikan selama 8 semester. Ketiga penelurusan bakat olahraga dan seni (PBOS) yang diberikan kepada  para siswa yang  mendapatkan juara nasional dalam olahraga atau seni. Jika sudah lolos maka mereka wajib untuk mengikuti tes keterampilan yang disediakan. Keempat adalah penelusuran bibit unggul pembangunan daerah (PBUPD) yang merupakan pemberian kepada siswa yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Penelusurannya dilakukan secara tes.

Kemudian untuk UM UGM yang kedua yaitu seleksi mandiri UGM. Seleksi ini terbagi atas ujian tulis penelusuran bakat swadana (PBS) dan ujian tulis (UTUL). Untuk peserta PBS yang mendaftar ujian tulis tidak memberikan biaya pendaftara tambahan lagi. Ini salah satu ujian tulis yang merupakan harapan terakhir untuk dapat masuk ke universitas Gajah Mada ini. Untuk tes akan dilaksanakan di Yogyakarta, Banda Aceh, Lhokseumawe, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Madiun, Balikpapan dan Mataram.

Persyaratan Peserta UM UGM

Untuk persyaratan agar para calon mahasiswa akan mengikuti ujian ini haruslah diikuti semuanya. Syarat-syarat itu adalah :

  1. Siswa kelas 3 SMA/SMK/MA dalam negeri
  2. Untuk siswa luar negeri harus siswa kelas akhir SMA yang telah bisa dalam proses adaptasi dan transisi.
  3. Akumulasi nilai semua mata pelajaran para rapor dihitung dari semester satu sampai semester terakhir. Dan nilai tersebut harus tuntas atau diatas SKBM.
  4. Memiliki kesehatan yang bagus dan tidak mempunyai suatu penyakit yang dapat mengganggu proses belajar.
  5. Siswa telah melakukan proses pendaftaran dengan selesai.

UM UGM tidak akan mudah untuk kita lewati jika kita hanya bermalasan belajar. Jadi manfaatkanlah waktu yang ada untuk belajar agar anda bisa lulus masuk ke universitas Gajah Mada.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
27
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin