Unsur-unsur Intrinsik Novel

novel-writing-ideas

Kita semua pasti pernah membaca atau menulis sebuah novel. Tentunya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa kita jadikan sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang kita.

Namun, selain membaca sebuah novel saja, apakah anda mengetahui bahwa setidaknya ada dua unsur yang terdapat di dalam sebuah novel ? Benar sekali, ada dua unsur yang harus ada dalam suatu novel, yaitu unsur unsur intrinsik novel dan unsur ekstrinsik novel.

Mengapa unsur tersebut harus ada dalam sebuah novel ? Hal ini karena unsur tersebut dianggap penting karena mampu melengkapi sebuah novel. Berbeda dengan cerpen, novel bukanlah bentuk cerita yang dipenggal penggal menurut kisahnya.

Melainkan novel merupakan sebuah kisah yang dari bagian bagian tersebut muncul suatu gagasan utama yang bisa diambil sisi positifnya bagi pembaca. Berbeda dengan unsur ekstrinsik dari novel yang lebih mengedepankan sisi luar dari novel.

Unsur intrinsic novel biasanya juga merupakan bagian jiwa atau roh dari sebuah novel yang dihidangkan oleh penulis. Sedangkan unsur ekstrinsik dalam novel bisa dibilang merupakan sesuatu yang sifatnya opsional atau merupakan pilihan, bisa iya bisa tidak ada dalam sebuah novel.

Unsur ekstrinsik dalam novel biasanya bisa berupa latar belakang penulis, biografi penulis, dan hal lain di luar naskah cerita. Jadi, secara garis besar unsur yang membentuk suatu novel ada dua, yaitu unsur intrinsic dan ekstrinsik.

Dari uraian di atas, mungkin anda telah mengetahui seperti apa unsur ekstrinsik dari sebuah novel, namun bagaimana dengan unsur unsur intrinsik novel ? Untuk lebih jelas mengenai unsur unsur intrinsik novel, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Tema

 

Dalam sebuah cerita atau novel, tema merupakan hal yang sangat penting. Mengapa ? Hal ini karena  tema merupakan pokok masalah yang akan diangkat oleh pengarang dalam novelnya. Hanya saja perlu diingat bahwa topik dan tema dalam sebuah novel sedikit berbeda maknyanya, walaupun cenderung sama secara harfiah.

Tema dalam sebuah cerita berfungsi untuk memokuskan cerita, sehingga cerita yang anda bangun tidak melebar kemana mana. Ada kalanya tema tidak hanya terdiri dari satu buah saja, melainkan bisa ada dua.

Namun, perlu anda ingat bahwa tema inti tetaplah satu, sedangkan sisanya disebut sebagai tema sampingan.

  • Tokoh atau penokohan

 

Tokoh sendiri merupakan pemeran yang ada dalam sebuah cerita. Untuk menghidupkan suasana novel, bisa digunakan dialog atau percakapan antar tokoh yang satu dengan tokoh lainnya. Dialog sendiri terbagi menjadi dua, yaitu dialog dan monolog.

Sesuai dengan namanya, monolog yang artinya satu, sehingga dapat diartikan sebagai bentuk percakapan yang dilakukan oleh satu orang tokoh. Pada umumnya, bisa kita jumpai dalam percakapan atau konflik batin seorang tokoh. Sedangkan dialog merupakan percakapan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

  • Latar

 

Dalam sebuah novel, biasanya ada tiga jenis latar yang digunakan, yaitu latar tempat, waktu dan suasana.  Sama seperti unsur unsur intrinsik novel lainnya, latar juga bisa diungkapkan melalui narasi, monolog atau dialog.

Setting waktu dan tempat atau keadaan juga bisa menggambarkan keadaan social suatu tokoh, misalnya latar pendidikan atau keadaan social keluarga si tokoh.

  • Sudut pandang

 

Sudut pandang atau point of view yang merupakan salah satu unsur unsur intrinsik novel juga berpengaruh pada keutuhan suatu cerita. Ada 3 sudut pandang yang biasanya digunakan, yaitu sudut pandang orang pertama, kedua dan ketiga.

  • Alur atau plot

 

Biasanya, alur yang digunakan oleh pengarang adalah alur maju, mundur dan maju mundur. Dalam penulisan alur ini, kita bisa mengenal ada 3 tahap dalam cerita, yaitu pengenalan, masalah dan penyelesaian masalah.

  • Amanat

 

Yang termasuk ke dalam unsur unsur intrinsik novel yang terakhir adalah amanat. Amanat merupakan pesan, baik pesan moral atau spiritual yang terdapat dalam suatu novel. Pesan tersebut dapat diujarkan dalam bentuk narasi, namun juga bisa dibentuk melalui dialog dan monolog saat cerita berlangsung.

Inilah sekilas mengenai unsur unsur intrinsik novel. Semoga bermanfaat