Unsur-unsur Peta yang Harus Ada pada Peta | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Unsur-unsur Peta yang Harus Ada pada Peta

Unsur-unsur Peta yang Harus Ada pada Peta

 

 peta geologi dan kaw hutan lindung

Sebagian besar dari kita pasti mengetahui apa itu peta. Hal ini karena peta tidak lagi hal yang asing atau hal yang baru di sekitar kita. Pada umumnya, peta kita gunakan untuk mencari atau menentukan lokasi suatu daerah atau tempat.

Hal tersebut sebenarnya merupakan pengertian peta secara sederhana. Secara kompleksnya, peta diartikan sebagai gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta ini sendiri bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Sebenarnya, kata peta ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Akan tetapi, secara umum pengertian peta adalah lembaran yang berisi seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.

Dengan kata lain, sebuah peta merupakan representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari mengenai pembuatan peta sendiri adalah kartografi. Dalam mempelajari peta sendiri, hal tersebut tidak terlepas dari unsur-unsur peta.

Pada dasarnya, peta merupakan alat bantu dalam menyampaikan informasi, khususnya yang bersifat keruangan. Berdasarkan fungsi tersebut, maka sebuah peta yang baik hendaknya dilengkapi oleh beberapa unsur-unsur peta yang bertujuan untuk memudahkan penggunanya.

Untuk lebih jelas mengenai unsur-unsur peta, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Judul peta

 

Merupakan hal yang dapat mencerminkan isi sekaligus dengan tipe peta. Pada umumnya, penulisan judul ini dibagian atas tengah, atas kanan atau di bawah. Meskipun demikian, biasanya judul ini akan diletakkan pada kanan atas.

  • Legenda

 

Merupakan salah satu dari unsur-unsur peta yang merupakan keterangan dari berbagai simbol yang merupakan kunci untuk memahami peta.

  • Orientasi

 

Pada umumnya, orientasi ini merupakan arah yang ada pada peta, misalnya arah mata angin utara yang menunjukkan ke atas. Biasanya diletakkan di tempat yang sesuai jika ada garis lintang dan bujur. Selain itu, bisa juga digunakan koordinat sebagai penunjuk arah.

 

Merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sesungguhnya di lapangan. Skala biasanya dituliskan di bawah judul peta, di luar garis tepi atau di bawah legenda. Skala sendiri dibagi menjadi 3, yaitu :

-         Skala angka, misalnya 1 : 3.000.000 artinya setiap 1 cm jarak dalam peta sama dengan 30 km satuan jarak yang sebenarnya

-         Skala garis yang dibuat dalam bentuk garis horizontal yang memiliki panjang tertentu dan tiap ruas yang berukuran 1 cm atau lebih untuk mewakili jarak tertentu yang diinginkan oleh pembuat peta

-         Skala verbal atau skala yang ditulis dengan kata kata

  • Simbol

 

Pada peta, biasanya simbol atau gambar dan tanda merupakan bentuk yang dapat mewakili kenampakan yang ada di muka bumi. Adapun beberapa jenis simbol yang biasanya terdapat dalam peta :

-         Simbol titik

-         Simbol garis

-         Simbol area

-         Simbol aliran

-         Simbol batang

-         Simbol lingkaran

-         Simbol bola

  • Warna peta

 

Merupakan warna yang digunakan dalam peta untuk membedakan kenampakan atau objek yang ada di muka bumi. Adapun beberapa warna yang digunakan dalam peta :

-         Warna hijau yang digunakan untuk menunjukkan wilayah yang memiliki ketinggian 200 m, misalnya dataran rendah

-         Warna hijau muda yang menunjukkan daerah yang memiliki ketinggian antara 200 hingga 400 m di atas permukaan laut, misalnya dataran rendah

-         Warna kuning yang menunjukkan daerah yang memiliki ketinggian antara 500 hingga 1000 m di atas permukaan laut, misalnya dataran tinggi

-         Warna coklat muda yang digunakan untuk menunjukkan daerah yang memiliki ketinggian 1000 hingga 1500 m, misalnya pegunungan

-         Warna coklat yang menunjukkan daerah yang ketinggiannya lebih dari 1500 m, mislanya gunung

-         Warna bitu keputihan yang digunakan untuk menunjukkan danau atau rawa

-         Warna biru muda untuk menunjukkan sungai

-         Warna biru tua untuk menunjukkan laut

Inilah sekilas mengenai unsur-unsur peta. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

May
31
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin