Variasi soal SNMPTN Dirahasiakan

variasi soal SNMPTN

Siapa yang tak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, yakni perguruan tinggi. Apalagi jika dapat masuk ke perguruan tinggi negeri atau PTN. Tentunya setiap siswa ingin sekali untuk dapat menembusnya, bukankah pendidikan itu adalah hak segenap warga Indonesia. Sesuai dengan apa yang dijewantahkan dalam Undang-undang Dasar 1945.

Untuk dapat masuk ke PTN bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Selain itu siswa harus bersaing ketat dengan siswa lainnya untuk dapat masuk, melalui ujian atau serangkaian tes yang telah ditentukan.

Untuk masuk ke PTN, siswa harus mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat dengan SNMPT, merupakan jalur masuk di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Pelaksanaan SNMPTN setiap tahun selalu mengalami perubahan. Tahun lalu penerimaan SNMPTN terdiri atas dua jalur utama, yakni SNMPTN Jalur Undangan dan SNMPTN Jalur tertulis.

Agar dapat lulus masuk SNMPTN, banyak dari kiita mencari tahu kisi-kisi dan variasi soal yang akan keluar itu seperti apa. Hal ini agar kita mudah untuk dapatkan apa yang nantinya harus dipelajari dan tentunya adgar dengan mudah lulus ujian SNMPTN. Hal ini tentunya banyak dilakukan, terutama dengan cara yang kurang baik yakni kecurangan.

Banyak spekulasi yang beredar mengenai jenis soal SNMPTN jalur tulis. Salah satunya variasi soal yang akan mengikuti lima tipe soal Ujian Nasional (UN). Untuk itu variasi soal SNMPTN dirahasiakan. Variasi soal ini dirahasiakan demi menghindari adanya pihak-pihak tidak bertanggung jawab alias joki. Banyak sekali masyarakat yang tertipu olehy ulah joki. Karena mereka menawarkan kisi-kisi serta kunci jawaban dari soal-soal ujian yang akan keluar nanti.

Sehingga jika hal itu tidak benar maka akan sangat merugikan masyarakat. Karena mereka akan tertipu secara materi dan juga secara intelektual. Mengapa? Mereka rela mengeluarkan uang bahkan dengan harga yang mahal untuk membeli soal-soal atau kisi-kisi lembar jawaban yang belum tentu sama dengan apa yang akan keluar nantinya. Mereka akan dibodohi dengan apa yang dianggap benar dalam soal-soal yang telah mereka beli, yang membuat siswa/siswa menjadi malas tuk lebih belajar secara serius dan sungguh-sungguh karena merasa sudah tahu apa yang nanti akan diujikan.

Oleh karena itu, pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak tergoda oleh iming-iming soal atau kunci jawaban dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungannya sendiri. Karena, sampai kapanpun yang namanya soal ujian itu tetap dirahasiakan. Karenha ini untuk menjaga kualitas pendidikan di Indonesia.

Yang harus dilakukan oleh semua pihak, baik siswa maupun sekolah adalah bagaimana agar penyelenggaraan pembelajaraan bisa berjalan dengan baik dan siswa pun mampu berprestasi dengan baik. Karena tak jarang banyak sekolah yang malah melakukan kecurangan-kecurangan, hal ini terbukti dengan banyaknya kecurangan sekolah dalam penyelenggaraan ujian nasional. Oleh karena itu, hal ini dapat memicu pemi8kiran yang salah bagi peserta didik karena telah diberikan contoh yang kurang baik dari sekolah tersebut.

Banyak dari kita yang menginginkan bahwa anak-anak atau siswa/siswi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan membanggakan, jujur dan kerja keras bukan dari hasil kecurangan. Karena hal tersebut akan berdampak pada pola pikirnya pada masa yang akan datang dan juga contoh bagi siswa dan siswi lainnya. Bagaimana pun sulitnya menempuh ujian SNMPTN seyogiyanya membuat semua insane termotivasi untuk melakukan hal yang terbaik, yakni dengan belajar dengan sungguh-sungguh, berdoa dan berperilaku baik.

Siapa pun boleh memiliki cita-cita tertinggi termasuk bisa kuliah di PTN. Namun, satu hal yang perlu diingat, cita-cita butuh kerja keras dan ikhlas. Cita-cita butuh kesungguhan dan kesabaran. Dimana suatu saat nanti gagal, janganlah menyerah bisa jadi itulah yang terbaik. Tahun depan masih bisa mencoba dan mencoba kembali, dan selain itu kini banyak bermunculan kampus-kampus yang murah serta berkualitas. Dari pada kita hanya diam dan menunggu terus lebih baik kita segera berlari mengejar cita-cita kita.