Beasiswa aminef

Mengenyam pendidikan di luar negeri khususnya di Amerika Serikat dewasa ini bukanlah hal yang sulit untuk diraih. Sudah banyak program beasiswa bagi pelajar, mahasiswa ataupun dosen yang memudahkan kita untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Salah satunya adalah American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) melalui program beasiswa Fulbright. AMINEF merupakan yayasan pertukaran pelajar antar Indonesia dan Amerika yang menyediakan beasiswa untuk semua program S2, S3, Ph.D, penelitian, dan program non-gelar. Program Fulbright melalui AMINEF setiap tahunnya memberikan lebih dari 300 beasiswa kepada warga Indonesia dan Amerika untuk belajar, mengajar atau melakukan penelitian orisinal di berbagai bidang ilmu. Program Fullbright ini bertujuan untuk menyumbangkan  pengetahuan dan pengalaman di bidang pendidikan dan juga memberikan pelajaran kepada dunia mengenai kerja sama antar bangsa dan Negara yang bisa diwujudkan melalui program beasiswa AMINEF ini. Beasiswa Fullbright meberikan fasilitas antara lain, biaya kuliah, uang buku, uang saku bulanan,tiket penerbangan internasional dan asuransi kesehatan.

Cara untuk mengajukan aplikasi pendaftaran beasiswa AMINEF yaitu :

  1. Mengisi aplikasi pendaftaran yang bisa diunduh di halaman resmi Fulbright atau melalui kantor Aminef,
  2. Melampirkan berkas fotokopi Test of English as Foreign Language (TOEFL), baik TOEFL nasional ataupun Internsional yang berlaku hingga dua tahun (belum kadaluarsa).
  3. Menyertakan surat rekomendasi dari atasan, dosen maupun pembuat kebijakan di kampus Anda.
  4. Melampirkan transkrip nilai yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dilegalisir.
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan Passport.

Persyaratan umum bagi para pelamar yaitu :

  1. Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan aktif dalam kegiatan masyarakat/sosial.
  2. IPK min 3.0, boleh kurang sedikit asal dikompensasikan dengan kelebihan di aspek lain.
  3. TOEFL minimal 550 (6.0 untuk IELTS) untuk S2/Master dan 575 untuk S3/Ph.D, boleh kurang sedikit asal dikompensasikan dengan kelebihan di aspek lain.
  4. Diprioritaskan untuk dosen atau yang serius akan menjadi dosen. Diluar itu diperkenankan melamar dan diberi kesempatan untuk terpilih asalkan memiliki study objective yang menarik dan bagus menurut penguji.
  5. Terbuka untuk semua bidang studi, kecuali kedokteran maupun keperawatan (medical practice).
  6. Harus kembali lagi ke Indonesia setelah selesai menempuh studi untuk mengamalkan dan mengembangkan ilmu yang telah didapat.

Tahapan penerimaan adalah pendaftaran terakhir calon penerima beasiswa 15 April 2012, seleksi wawancara langsung, akan dilakukan oleh 2 orang indonesia dan 2 orang Amerika dalam bahasa Inggris pada Juni- Agustus 2012, pengumuman calon peserta beasiswa yang diterima Agustus- September 2012, test TOEFL, GRE (Graduate Record Examination), GMAT (Graduate Management Admission Test) bagi calon yang diterima dan akan dibiayai September-Oktober 2012, pendaftaran aplikasi oleh Aminef ke 5 Universitas pilihan di USA dan pengumuman penerimaan di universitas Amerika pada Februari- Juni 2013, dan keberangkatan ke Amerika pada Juni- September 2013.

Pada tahun 2012 ini beasiswa yang ditawarkan, di antaranya program sarjana atau tenaga profesonal, yaitu Program Aminef Master: Fulbright Master’s Degree Program, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, Fulbright Master of Science and Technology Initiative Degree Program. Program Doktor: Fulbright Presidential Scholarship Program (Ph.D.). Program Penelitian: Fulbright Doctoral Dissertation Research Program dan Fulbright Senior Research Program.

Sedangkan untuk program Fulbright Dikti, yaitu  Program Master: Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Program Doktor: Fulbright-DIKTI Ph.D Program serta Program Penelitian: Fulbright-DIKTI Doctoral Dissertation Research Program dan Fulbright-DIKTI Senior Research Program.

Program khusus lainnya, Fulbright Foreign Language (Indonesian) Teaching Assistant (FLTA) Program, Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals, Community College Initiative Program, ILEP (International Leadership In Education Program) dan Global Undergraduate Exchange program.

Rahasia khusus yang mungkin wajib diingat oleh para pelamar agar sukses mendapatkan beasiswa ini adalah jangan sampai lupa dengan batas akhir pendaftaran. Jangan terlalu mendadak mempersiapkan persyaratan – persyaratan di atas karena jika tidak maksimal akan menjadi sia-sia karena harus diingat jumlah aplikasi Fulbright berkisar 3.000-an dan yang akan diterima untuk beasiswa Master Degree tiap tahunnya hanya 25-30 orang saja. Selain itu mengisi aplikasi dengan lengkap termasuk studi objektif adalah salah satu rahasia penting untuk lolos beasiswa ini. Karena studi objektif adalah bagian terpenting dari aplikasi Anda. Tim seleksi akan membaca studi objektif terlebih dahulu sebelum memeriksa hal lainnya serta menjawab empat komponen yang ada di studi objektif, seperti menguraikan program studi yang diambil, menjelaskan bidang studi yang cocok dengan latar belakang Anda, menguraikan alasan Anda harus ke Amerika, menceritakan cita-cita dan keterlibatan Anda dengan masyarakat setelah pulang dari Amerika. Anda juga tidak boleh lupa untuk mempelajari tes GRE atau GMAT dan Internet Based TOEFL (IBT) serta memperbaiki studi objektif dan proposal penelitian hingga Anda benar-benar yakin.

Kita akan memperoleh banyak manfaat dan pengalaman ketika mampu lolos dalam persaingan yang ketat dalam beasiswa tersebut. Selain ilmu yang tak ternilai, hasilnya juga dapat diamalakan dalam kehidupan bermasyarakat dan khalayak banyak. Jangan pernah takut gagal. Sudah banyak pelamar beasiswa yang diterima setelah lebih dari sekali mencoba. Semuanya butuh proses yang tidak mudah. Jika gagal, coba lagi dan coba lagi. Berdoa dan tawakkal adalah hal terakhir yang dapat kita lakukan ketika kita sudah melewati semua proses program seleksi beasiswa. Semoga sukses dan semangat mencoba

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *