Dalam dunia pendidikan, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bukanlah hal yang gampang. Banyak hal yang dapat menjadi kendala bagi para siswa atau mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Dan salah satu kendalanya adalah masalah biaya. Untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi bila siswa atau mahasiswa tersebut berencana untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka biaya yang diperlukan menjadi berlipat ganda. Dari biaya pendidikan, biaya hidup, termasuk juga biaya tempat tinggal. Karenanya tidak terlalu banyak siswa atau mahasiswa yang dapat melanjutkan pendidikan, apalagi melanjutkan pendidikan di luar negeri. Namun, dalam suatu masalah pastinya selalu ada jalan untuk memecahkan masalah tersebut. Dan dalam kasus ini, jalan yang dapat ditempuh adalah mengambil suatu beasiswa.

Beasiswa adalah salah satu program yang dapat membantu membayar biaya pendidikan seorang siswa atau mahasiswa. Dan salah satu program beasiswa yang ada adalah beasiswa Ford Foundation. Beasiswa Ford Foundation adalah program beasiswa yang diberikan oleh yayasan Ford yang ditujukan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Master atau Magister (S2) baik itu di dalam negeri ataupun di luar negeri. Beasiswa Ford Foundation sangat memperhatikan nilai demokratis, dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan tingkat hak asasi manusia. Jadi bagi anda yang memiliki kendala dengan keuangan, anda dapat berinisiatif untuk mengambil beasiswa Ford Foundation ini, karena akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan gratis.

Syarat Penerima Beasiswa Ford Foundation

Dalam dunia pendidikan, beasiswa adalah salah satu hal yang selalu mendampingi sebagian besar pelajar di dunia. Jadi di setiap tingkatan pendidikan pastinya ada suatu program beasiswa yang ditawarkan, baik itu dari pihak pemerintah ataupun pihak lembaga lainnya. Dan tidak sedikit program yang ditawarkan tersebut berupa beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan seterusnya. Dan salah satu program beasiswa yang memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 baik itu di dalam negeri atau luar negeri adalah beasiswa Ford Foundation. Dan suatu program beasiswa pastinya ada beberapa hal atau syarat yang harus dipenuhi agar dapat lolos dalam mendapatkan beasiswa tersebut. Sama halnya dengan beasiswa Ford Foundation. Ada beberapa syarat utama yang harus dimiliki peserta penerima beasiswa Ford Foundation ini. Adapun syarat tersebut antara lain :

  • Menyelesaikan program pendidikan S1 dengan nilai rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) akhir di atas 3,00 dari skala empat. Tidak sedikit program beasiswa yang mengutamakan nilai yang baik. Tidak terkecuali beasiswa Ford Foundation. Nilai IPK menjadi salah satu penilaian khusus bagi pendaftar beasiswa Ford Foundation. Jadi, apabila anda ingin memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan beasiswa Ford Foundation, maka belajarlah dengan giat dan dapatkan nilai yang baik.
  • Memiliki pengalaman berorganisasi di kegiatan kemasyarakatan minimal sekitar dua tahun. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan dalam mendapatkan beasiswa Ford Foundation. Hal ini dikarenakan pihak penyelenggara ingin mendapatkan para peserta yang memiliki pengalaman berorganisasi. Apabila memiliki pengalaman berorganisasi, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut dapat berbaur dengan masyarakat.
  • Rencana setelah mendapatkan beasiswa. Salah satu pertimbangan terakhir dari pihak penyelenggara beasiswa Ford Foundation terhadap para pesertanya adalah dari rencana yang akan dilakukan oleh peserta penerima beasiswa tersebut setelah mereka mendapatkan beasiswa. Hal ini bersangkutan dengan apa yang akan anda lakukan setelah anda memilih pendidikan tersebut, manfaat dan tujuan dalam melakukan proses pendidikan tersebut, hingga manfaat dan tujuan setelah anda menyelesaikan pendidikan tersebut.

Alamat Beasiswa Ford Foundation

Bagi anda yang telah tertarik dengan beasiswa Ford Foundation ini, anda bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa Ford Foundation ini dari website resmi milik IIEF (Indonesian International Education Foundation) di iief.or.id. Di dalam situs ini, anda akan menemukan info tentang beasiswa Ford Foundation, program studi yang ditawarkan, serta negara tujuan yang dapat dipilih.

Dengan adanya beasiswa Ford Foundation ini, maka kesempatan bagi anda untuk melanjutkan pendidikan baik itu di dalam negeri ataupun di luar negeri menjadi bertambah. Namun sebelum itu, anda harus memiliki nilai yang baik terlebih dahulu.

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *