beasiswa IIEFPergi ke luar negeri untuk menempuh pendidikan lanjutan dengan biaya dari beasiswa adalah impian hampir semua orang khususnya mahasiswa. Siapa yang tidak ingin bersekolah secara gratis ke luar negeri pula. Dan saat ini, sudah banyak lembaga-lembaga yang memberikan jasa untuk ini. Salah satunya adalah IIEF. IIEF (The Indonesian International Education Foundation) adalah lembaga nirlaba Indonesia yang bergerak dalam pengembangan dan pertukaran pendidikan. IIEF menyediakan program belajar di dalam maupun di luar negeri, baik pelatihan singkat dan program international bagi para pelajar, mahasiswa atau sarjana dengan biaya dari sponsor alias gratis.  IIEF setiap tahunnya menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asal Indonesia. Dan pada tahun 2012 ini, IIEF menyediakan 13 macam program beasiswa yang terbagi dalam 3 kelompok, yaitu S-1, S-2 dan S-3, dan non- akademik. Ke-13 program beasiswa itu adalah :

  1. Gelar Sarjana S-1

a) GE Foundation Scholar – Leaders Program

Jenis beasiswa yang pertama ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa dari perguruan-perguruan tinggi Negeri yaitu ITB, ITS, IPB, UGM, UI, UNAIR, UNDIP, UNIBRAW, atau UNPAD jurusan MIPA, Ekonomi, dan Teknik. Batas waktu pendaftaran 15 Maret 2012. Untuk informasi selanjutnya, silahkan klik www.scholarshipandmore.org

b) SMBC Global Foundation Scholarship Program

Beasiswa ini ditawarkan khusus untuk mahasiswa UNPAD dan UI jurusan Hukum dan Ekonomi yang berada di tingkat 2. Pendaftaran dibuka pada bulan November.

c) The Paiton Energy – Indonesian Young Leaders Scholarship Program (IYLSP)

Beasiswa ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa ITB, ITS, UNAND, UNBRAW, dan UNDANA yang berada di tingkat 3. Beasiswa ini dibuka pada bulan Oktober.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa di atas adalah memiliki prestasi akademik yang baik, ikut dalam berbagai jenis organisasi kemahasiswaan atau kegiatan social dan membutuhkan uang.

 

  1. 2. Untuk Masster (S2) dan PhD (S3)

a) Graduate Degree Fellowship Program

Beasiswa ini berasal dari Universitas Hawaii dan ditawarkan untuk mahasiswa lulusan S-1 jurusan Ekonomi, Politik & Keamanan, Lingkungan, Populasi & Kesehatan, dan Pendidikan. Batas akhir pendaftaran tanggal 1 November 2012. Info selengkapnya lihat di web http://www.eastwestcenter.org.

b) Program To Extend Scholarship And Training To Achieve Sustainable Impacts (PRESTASI)

Beasiswa ini didanai oleh USAID. Beasiswa ini ditawarkan untuk program S-2 bagi jurusan Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan Hidup, Ekonomi, Demokrasi, dan Pemerintahan. Beasiswa ini dibuka tidak hanya untuk pegawai negeri sipil, tetapi juga untuk wartawan dan umum.

c) The Ford Foundation International Fellowship Program (IFP)

Beasiswa ini dibuka untuk mereka yang kurang terlayani dalam akses pendidikan ke perguruan tinggi. Disini mereka dilatih agar bisa menjadi pemimpin dan memiliki keadilan social sehingga dapat berkontribusi di bidangnya masing-masing. Namun saat ini, pendaftaran untuk beasiswa ini masih ditutup.

 

3. Non-akademik

a) Asia Pacific Leadership Program

Program pelatihan ini diadakan oleh Universitas Hawaii dengan program pertukaran yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan yang diadakan selama 5-9 bulan. Info selengkapnya di http://www.eastwestcenter.org/

b) Bellagio Center Residency Program

Beasiswa ini bertujuan untuk memajukan penelitian dan secara professional berlangsung selama 4 minggu. Beasiswa ini dibuka untuk para sarjana, seniman, pemimpin, pembuat kebijakan dan praktisi yang mempunyai prestasi baik di bidangnya. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Maret- 2 Juni 2012.  

c) Changing Faces Womens Leadership Program

Merupakan program seminar yang diadakan oleh Universitas Hawaii untuk perempuan profesioanl yang memiliki jiwa kepemimpinan, aktif dalam pengembangan masyarakat, pembangunan perdamaian (pasca-konflik), atau dapat berdialog antarkomunitas dan antaragama, serta memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun.

d) Indonesia English Language Study Program (IELSP)

Merupakan program beasiswa untuk mengikuti kursus bahasa Inggris di berbagai Unversitas di Amerika Serikat. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S-1 di semester 5 ke atas yang aktif dalam organisasi. Program ini didanai oleh Departemen Luar Negeri AS dan Kedutaan Besar AS di Indonesia. Pendaftaran dibuka pada bulan Oktober.

e) Jefferson Fellowship Program

Program beasiswa ini berisi kegiatan diskusi dan kursus singkat yang berkaitan dengan media. Peserta akan bertemu dengan jurnalis di seluruh dunia dan akan berkunjung ke Voice Of America. Program ini berlangsung selama tiga minggu.

f) New Generation Seminar

Program ini diperuntukkan bagi generasi muda yang memiliki prestasi di bidang kepemimpinan. Program ini berisi seminar kepemimpinan di Universitas Hawaii.

g) Summer Seminar on Population

Berupa seminar populasi dan kesehatan yang diperuntukkan bagi para lulusan yang ditunjuk oleh universitas, instansi pemerintah, atau organisasi swasta yang terlibat dalam populasi dan penelitian kesehatan. Dan juga untuk kandidat doktor yang disertasi penelitiannya langsung berkaitan dengan topik lokakarya.

Info selengkapnya mengenai program beasiswa non-akademik mengenai waktu dan syarat yang diperlukan, kunjungi saja website nya di http://www.eastwestcenter.org/.

Selain memenuhi syarat yang telah ditentukan, beberapa tips yang mungkin bisa dicoba untuk memperlancar mendapatkan beasiswa IIEF ini yaitu aktiflah berorganisasi karena dengan begitu Anda akan dianggap memliki kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengan baik dengan orang-orang baru, akrabilah guru atau dosen-dosen yang sekiranya bisa merekomendasikan Anda, jujur saat diwawancarai, berpakaian rapi, tetap optimis dan bersemangat sehingga Anda terlihat percaya diri. Semoga sukses dan semangat mencoba J

 

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *