Beasiswa SampoernaBeasiswa Sampoerna adalah beasiswa khusus bagi anak yang cerdas dan pintar tapi berasal dari keluarga yang kurang mampu. Beasiswa ini dikeluarkan oleh Putra Sampoerna Foundation melalui program Sampoerna Academy. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membantu anak – anak yang cerdas tapi dia tidak mampu. Akan sangat disayangkan jika anak seperti itu tidak diberi kesempatan untuk melanjutkan sekolah. Peluang untuk mendapatkan beasiswa ini sangat besar karena diadakan setiap tahunnya.

Beasiswa ini sangat banyak diminati oleh para pelajar mulai dari siswa kelas 3 SMP. Bagaimana tidak, karena beasiswa ini sangat bergengsi dan siapa pun pasti mau bersekolah secara gratis di tempat yang bagus pula. Sehingga beasiswa ini menjadi program yang selalu ditunggu-tunggu siswa kelas 3 SMP setiap tahunnya.

Putra Sampoerna Fondation (PSF) adalah lembaga yang mengadakan program Beasiswa Sampoerna ini. PSF sendiri adalah afiliasi dari PT. Sampoerna Strategic yang mendirikan lembaga pendidikan untuk nantinya bisa menghasilkan pemuda pemudi penerus bangsa yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Di sini para siswa dilatih untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan pelatihan kewirausahaan, memperdayakan perempuan, serta mendistribusikan program bantuan dan pertolongan bencana. Sehingga dengan ini para lulusan Sampoerna Academy akan menjadi lulusan yang mandiri dan tidak bergantung pertolongan orang lain.

Putra Sampoerna Fondation didirikan pada tahun 2001 dan sampai saat ini sudah mengeluarkan beasiswa Sampoerna sebanyak 34.600 beasiswa, program pelatihan untuk lebih ari 19.000 guru dan kepala sekolah, mengadopsi 23 sekolah dan 5 madrasah.

Dengan apa yang dilakukan oleh Putra Sampoerna Fondation ini, akan sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia dan mengurangi masalah kesulitan bersekolah karena tidak mempunyai biaya.

Bagi yang beruntung mendapatkan beasiswa Sampoerna ini akan mendapatkan banyak fasilitas salah satunya biaya sekolah gratis dari awal masuk hingga lulus sekolah di Sampoerna Academy. Dan nantinya para lulusan ini akan diharapkan menjadi generasi pemimpin yang membuat perubahan untuk Indonesia, berwawasan luas dan bermoral. Selain itu disini disediakan asrama dan biaya hidup gratis untuk para penerima beasiswa. Selama di asrama pun akan diberi bekal pendidikan sehingga bersekolah di Sampoerna Academy akan penuh dengan mencari ilmu. Program pendidikannya pun bertaraf Internasional karena beberapa pelajarannya diajarkan menggunakan bahasa Inggris.

Selain pendidikan akademis, para penerima beasiswa pun berpeluang mendapatkan pelatihan  untuk melatih soft skills mereka yang nantinya akan berguna ketika mereka sudah lulus, seperti pelatihan kepemimpinan, program pelayanan masyarakat, pelatihan keuangan bagi siswa dan sebagainya.

Sangat menarik dan penuh dengan manfaat apa yang mereka dapatkan di Sampoerna Academy ini. Tempat belajar pun di setting tidak membosankan dan memiliki banyak fasilitas seperti ruang multimedia, ruang perpusatakan, ruang kesenian, green house dan lain sebagainya.

Peluang mendapatkan beasiswa ini sangat besar karena setiap tahunnya menerima sekitar 150 anak yang masing-masing diberi beasiswa senilai USD 15,000 untuk 3 tahun. Sangat besar bukan. Karena itu bersiapa-siaplah dari awal kelas 1 untuk terus belajar meningkatkan kemampuan akademis dan potensi kalian. Karena tes yang diadakan adalah untuk menilai kemampuan akademik kalian. Fasilitas yang didapatkan yaitu biaya pendidikan, biaya tempat tinggal dan makan di asrama, buku pelajaran, asuransi kesehatan seragam dan biaya operasional sekolah.

Sangat menarik dan tak perlu ragu lagi untuk mendaftar.  Pendaftarnnya pun sangat mudah dan tidak berbelit – belit. Dan juga tidak membutuhkan biaya pendaftaran.  Berikut adalah syarat agar bisa mengikuti program beasiswa Sampoerna ini :

  • Warga Negara Indonesia sebagai siswa yang masih duduk di kelas 9 (3 SMP atau setara)
  • Nilai akademik minimal 7,5 (Bali) dan 8,00 (Sumatera Selatan dan Bogor) dari semester 1 hingga semester 6 (kelas 7-10)
  • Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
  • Berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah kebawah (dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari RT atau kelurahan)

Untuk memenuhi syarat di atas terutama nilai akademik, kalian harus berjuang selama duduk di bangku SMP untuk terus mempertahankan nilai agar tidak dibawah syarat. Dan jangan bergantung kepada orang tua untuk melakukan pendaftaran ini, karena persyaratan yang diminta juga tidak perlu mengandalkan orang tua. Kalian harus berinisiatif sendiri. Hal ini dilakukan agar kalian faham dengan prosedur yang diminta.

Dengan usaha yang keras dan kemauan yang kuat, kalian sangat mungkin menjadi salah seorang bagian dari Sampoerna Academy ini. Untuk kalian yang kurang mampu, jangan patah semangat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi hanya karena kurang biaya. Kalian harus tetap berjuan dan semangat untuk belajar. Semangat mencoba dan semoga sukses..:)

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *