Mengenal Lebih Jauh Tanah Andosol

Tanah adalah salah satu bagian dari bumi ini yang sangat penting dalam kehidupan ini, karena tanah merupakan tempat kita membangun tempat tinggal dan juga merupakan tempat kita menanam salah satu kebutuhan hidup kita, yaitu pangan seperti padi, sayur, serta buahan-buahan. Tanah memiliki proses pembentukan yang panjang. Anda-anda sudah tahu bagaimana asal-usul terbentuknya tanah? Mari saya jelaskan sedikit.

Asal-usul Terjadinya Tanah

Tanah berasal dari berbagai jenis batuan induk yang mengalami pelapukan kimia maupun fisika yang mengubah bentuk strukturnya. Karena proses pelapukan ini, struktur batuan induk ini kemudian hancur dan menjadi suatu struktur baru yang memiliki struktur yang sangat berbeda dengan batuan asalnya. Dalam proses pelapukan fisika, yang paling memiliki andil terbesar dalam pelapukan yang banyak terjadi pada batuan adalah derasnya curah hujan dan banyaknya sinar matahari yang menyinari batuan tersebut. Derasnya curah hujan akan mengikis lapisan terluar batuan tersebut. Semakin sering dan deras hujan tersebut, semakin cepat batu tersebut mengalami pengikisan, sehingga tanah menjadi lebih cepat terbentuk. Selain itu, matahari juga memiliki andil dalam pembentukan tanah. Sinar matahari akan menyebabkan mikroorganisme menjadi aktif dan melakukan pelapukan batu dari dalam.

Menurut proses pelapukan kimia, proses pembentukan tanah serta jenis tanah tersebut tergantung pada organisme hidup yang berperan dalam pelapukan tanah. Selain itu, waktu atau lamanya pelapukan menjadi salah satu faktor dari pembentuk tanah. Karena semakin lama batuan induk tersebut mengalami pelapukan, maka komponen yang ada di dalam batuan tersebut juga semakin banyak yang hilang. Karena kita sudah mengenal tanah dan juga proses terbentuknya, alangkah baiknya kita mengenal sedikit tentang salah satu jenis tanah yang ada. Dan tanah tersebut adalah tanah Andosol. Sekarang mari kita mengenal apa itu tanah andosol.

Tanah Andosol

Kata Andosol berasal dari kata “Ando” yang berarti hitam dan kata “sol” yang artinya tanah. Maka Andosol itu berarti tanah yang berwarna hitam. Tanah Andosol / tanah vulkanis ini memiliki ciri khas yang sangat mudah dikenal. Sesuai namanya, tanah ini memiliki warna yang gelap atau hitam, abu-abu, coklat tua hingga warna kekuningan. Tanah ini berasal dari sisa abu vulkanik dari letusan suatu gunung berapi. Oleh karenanya, tanah ini mudah dijumpai di daerah sekitar lereng gunung berapi.

Tanah Andosol ini sangat subur untuk ditanami dan tanah ini bertekstur gembur hingga menyerupai lempung, bahkan di beberapa wilayah, tanah ini bertekstur debu. Hal ini menjadi salah satu alasan petani menyukai tanah Andosol ini. Tanah ini mudah saat diolah. Mudah untuk  saat dicangkul dan salah satu kelebihannya memiliki pori-pori tanah sehingga sirkulasi udara mudah masuk kedalam akar-akar tanaman. Sehingga tanaman yang ditanami memiliki kemungkinan panen yang lebih tinggi karena tumbuhan tersebut memiliki pasokan udara yang cukup. Tanah Andosol ini biasanya digunakan sebagai lahan perkebunan untuk menanam tanaman seperti the, kopi, pinus, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan tanah ini memiliki unsur hara sedang hingga rendah (N,P, dan K). Selain sebagai lahan perkebunan, tanah Andosol ini juga dapat dipakai sebagai lahan pertanian, biasanya dimanfaatkan untuk sawah, sayur-sayur, bunga potong, dan juga palawija. Walaupun memilik banyak kelebihan, tetapi tak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu pula tanah ini. Tanah ini memiliki banyak kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah :

Mudah Longsor

Tanah ini memiliki tekstur tanah yang gembur. Walaupun mudah saat pengolahannya, tanah dengan tekstur ini dapat menjadi masalah karena dengan kondisi tekstur yang gembur dan rapuh membuat tanah jenis ini sangat mudah terseret oleh air hujan, angin dan longsor atau mengalami erosi. Karena kekurangan itulah, para petani banyak menyiasatinya dengan menggunakan sistem tanam berteras.  Semua tau apa itu sistem tanam berteras? Sistem tanam berteras menyiasati tanah yang muda longsor ini dengan menanam rumput atau juga tanaman keras penguat teras di antara sela-sela teras bertingkat.

Nah, inilah yang kita ketahui tentang tanah andosol dan setelah kita ketahui maka cobalah untuk memanfaatkan dan juga mencegah hal yang tidak diinginkan dengan baik.

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *