Menggapai Beasiswa Inggris dan Mengenal Inggris

Negeri di bawah pimpinan Ratu Elizabeth alias Inggris menawarkan berbagai beasiswa melalui The British Council sebagai perwakilan bidang kebudayaan dan pendidikan Inggris di luar negeri kepada masyarakat Indonesia. Salah satu beasiswa kuliah yang diberikan oleh Inggris yang paling terkenal adalah “Chevening”. Program beasiswa untuk tingkat master ini langsung didanai oleh Pemerintah Inggris melalui Kementerian Luar Negeri dan Persemakmuran (FCO) yang dikelola oleh British Council. Tiap tahunnya pemerintah Inggris memberikan beasiswa penuh untuk jenjang Pasca-Sarjana selama setahun di universitas-universitas dan institusi profesional lainnya di Inggris. Artinya, penerima beasiswa Chevening akan mendapatkan uang beasiswa meliputi pelatihan bahasa Inggris sebelum keberangkatan, ujian IELTS, biaya pembuatan visa, tiket pesawat pergi-pulang, biaya hidup selama tinggal di Inggris, dan biaya penulisan tesis.

Program beasiswa Chevening akan sangat kompetitif dan ketat, dan hanya kandidat terbaik yang akan di tes wawancara. Beasiswa Chevening mengajak para peserta dari Indonesia tak terkecuali Indonesia bagian Timur untuk ikut serta dalam program ini. Beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi oleh para peserta adalah sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia.
  • Lulusan dengan IPK minimum >=3.0.
  • Memiliki kemampuan berbicara dan menulis bahasa Inggris yang baik (IELTS 6.5).
  • Pengalaman bekerja setelah lulus sarjana (S1) minimal 2 tahun.
  • Komitmen untuk pengembangan karir jangka panjang.
  • Harus dapat menunjukkan potensi kepemimpinan dan memiliki kapasitas untuk memainkan peran penting dalam kemajuan masa depan Indonesia.
  • Dengan sangat menyesal, kami tidak dapat menerima aplikasi untuk para lulusan Pasca Sarjana (MBA).
  • Para penerima Chevening sebelumnya tidak diperkenankan untuk ikut mendaftar.
  • Karyawan, kerabat karyawan (atau mantan karyawan yang sudah tidak lagi bekerja selama dua tahun terakhir) dari Kantor Kementerian Luar Negeri (FCO), termasuk staf Kedutaan, dan pos-pos FCO, British Council, atau sponsor Chevening lainnya, tidak diperkenankan untuk ikut mendaftar.

Informasi lengkap yang perlu diketahui calon pelamar beasiswa ini bisa dilihat di situs www.chevening.co.uk.

Sebelum benar-benar Anda berangkat ke Inggris dan belajar di sanan, alangkah lebih baik jika mengenal Inggris dari segi budaya maupun historisnya. Karena itulah yang membuat Inggris dikenal banyak orang.

Orang Inggris sangatlah menghargai sejarah bangsanya. Hal ini dapat dilihat dari masalah perusahaan cokelat Cadbury beberapa waktu yang lalu. Perusahaan terkemuka di Inggris ini pernah memutuskan untuk diakuisisi oleh pihak asing. Karena keputusan ini, banyak pihak yang mengecam dan tidak setuju, terutama para warga asli Inggris. Mereka berpendapat bahwa harga diri mereka turut dibeli jika perusahaan cokelat ini benar-benar diakuisisi oleh orang asing.

Hal yang bersifat etnosentris serupa juga terjadi dalam English Premiere League atau lebih sering dikenal dengan Liga Inggris. Para fans fanatik liga Inggris sangat tidak setuju dengan keputusan untuk para pemilik saham asing memiliki klub bola Inggris.

Setelah memahami sekilas budaya orang Inggris, kita akan beranjak untuk mengenal pendidikan di Inggris. Dapat disimpulkan dari sikap orang Inggris yang etnosentris seperti contoh di atas, tampak jelas bahwa Inggris adalah negara yang sangat bangga sekali terhadap bangsanya. Termasuk bangga dalam bidang pendidikannya. Jadi, untuk mendapatkan beasiswa di Inggris, anda harus benar-benar cerdas dan memiliki kemampuan yang mumpuni. Sehingga perlu upaya yang lebih keras dibandingkan dengan memperoleh beasiswa dari negara lain.

Namun, tidak perlu berkecil hati. Sulit bukan berarti tidak bisa. Buktinya, banyak orang Indonesia yang telah diterima untuk menuntut ilmu di negeri Britania dan mampu berkarya di sana. Lebih enaknya lagi, jika anda mendapatkan beasiswa untuk menuntut ilmu di Inggris anda bisa menyampaikan ide yang anda miliki dengan bebas. Inggris sangat menghargai karya, dan sekecil apapun itu idenya, selalu didukung. Oleh karena itu, banyak pakar yang senang  melakukan penelitian di sana. Dan mereka dengan tekun mengerjakan apa yang telah dirumuskannya, untuk mendapatkan pengakuan atas penelitiannya itu. Begitu pula dengan anda yang berminat untuk mendapatkan beasiswa di Inggris, perlu ketekunan ekstra agar kualitas anda untuk mendapatkan beasiswa diakui. Karena lulusan dari sekolah-sekolah di Inggris mendapatkan reputasi atau pengakuan yang baik di dunia internasional.

Itulah beberapa info beasiswa di Inggris dan budaya-budaya Inggris agar kita lebih bisa mengenal Inggris. Hal ini akan dapat membantu Anda dalam mengenal orang-orang Inggris yang nantinya bisa menjadi tetangga Anda hidup di sana jika Anda bisa meraih beasiswa ke Inggris. Semangat mencoba dan semoga sukses J

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *