Mendapatkan beasiswa pascasarjana adalah salah satu kebanggaan bagi banyak orang. Banyak orang yang bermimpi untuk mendapatkannya, tidak muluk-muluk ke luar negeri. Beasiswa S2 di dalam negeri pun banyak yang menginginkannya. Perguruan Tinggi Negeri di Negara  kita pun tak kalah hebat dengan di Negara luar. Contohnya saja ITB (Institut Teknologi Bandung). Kampus ini termasuk kampus terbaik di Indonesia. Banyak lulusannya baik S1, S2 maupun S3 yang dicari oleh berbagai perusahaan untuk bisa dipekerjakan. Tidak bisa dipungkiri jikalau alamamater tempat kita menempuh studi bisa berpengaruh terhada kelancaran kita mencari kerja. Dan kembali ke beasiswa S2, beasiswa pascasarjana ke ITB banyak juga yang mencari. Karena namanya yang sudah terkenal di seluruh pelosok Indonesia.

Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi yang menjalankan misi untuk menghasilkan lulusan yang “berakhlak tinggi, berkarakter luhur, mempunyai jiwa kepemimpinan, mampu dan mau membangun negara dan menjaga keutuhan bangsa”, sesuai dengan ketetapan senat ITB no. 22 tanggal 30 Oktober 1999, ITB menawarkan beberapa jenis beasiswa.

Meskipun ITB menawarkan beberapa beasiswa baik beasiswa biasa di S1 ataupun S2, tetapi karena banyak yang mendaftar, alhasil pesaing pun akan banyak dan peluang untuk mendapatkannya pun menjadi sulit. Contoh beasiswa S2 ITB yang banyak diminati para pelamar adalah beasiswa di bidang seni rupa dan design. Dan syarat-syaratnya adalah sebagai berikut.

Persyaratan Pendaftaran Program Magister Seni Rupa & Magister Desain

  1. Dibuka untuk semua sarjana (S1) lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan, dan dapat diterima pada program magister yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Persyaratan penerimaan lainnya adalah memiliki nilai English Language Proficiency Test (ELPT ITB) atau TOEFL Internasional minimal 475 dan TPA minimal 475. Untuk setiap program studi dapat menetapkan persyaratan tambahan dalam proses penerimaan mahasiswa.

  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan biaya Test Potensi Akademik (TPA) sebesar Rp. 200.000,- dan dikirim melalui BNI Cabang ITB, Rekening Penampungan S2/S3 (SPS-ITB) No. 0900001035 Jln. Tamansari No. 80 Bandung. (selanjutnya bukti pembayaran dilampirkan dalam berkas lamaran).
  2. Peserta yang mendaftar diharuskan mengisi dengan lengkap formulir yang disediakan oleh Sekolah Pascasarjana ITB dan dikembalikan rangkap 2 (1 asli + 1 salinan) termasuk lampirannya berupa :
  • Salinan ijazah S1 yang telah dilegalisir (lulusan luar negeri harus ada penyetaraan dari   DIKTI)
  • Transkrip Akademik yang telah dilegalisir
  • English Language Proficiency Test (ELPT ITB) ) minimal >= 77 atau TOEFL Internasional (minimal 475)
  • NIilai TPA Asli + Fotocopy
  • Surat keterangan sehat dari Dokter
  • Pernyataan tidak pernah drop out atau mengundurkan diri dari ITB (diatas materai)
  • Foto berwarna 4 cm x 6 cm sebanyak 3 lb, klise terbaru.

Kemudian berkas lamaran beserta lampiran-lampiran di atas dimasukkan kedalam dua map terpisah dan selanjutnya dikirimkan langsung atau melalui Pos ke alamat Sekolah Pascasarjana ITB.

  1. Peserta mengikuti tes ujian masuk. Jadwal dan materi test bisa dilihat di program studi masing-masing.
  2. Untuk berkas lamaran yang tidak lengkap, tidak akan diproses lebih lanjut, kecuali ELPT dan TPA ikut di Sekolah Pascasarjana ITB.

Informasi selanjutnya, termasuk formulir, pendaftaran dapat diperoleh dari Sekolah Pascasarjana ITB, homepage : http://www.sps.itb.ac.id/ atau email : info_s2@sps.itb.ac.id.

Test English Language Proficiency Test (EPT ITB) dapat menghubungi UPT Bahasa ITB email : info_s2@sps.itb.ac.id ,http://www.lc.itb.ac.id

Jadwal Pendaftaran Program Studi Magister Seni Rupa & Magister Desain

  1. Jadwal pengambilan formulir lamaran :
  2. Yang bisa diterima sebagai peserta program Magister di Institut Teknologi Bandung, adalah mereka yang telah menyelesaikan program Sarjana atau setara dalam kuantitas dan kualitas ilmu pengetahuan yang sesuai dan dengan hasil yang baik, serta yang dinilai baik oleh ITB.
  3. Pendaftar program Magister ini adalah warga negara Republik Indonesia. Ketentuan dan persyaratan pelamaran bagi pendaftar dengan kewarganegaraan asing diatur dalam ketentuan terpisah.
  • Pendaftar dengan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS): Januari s.d akhir April setiap tahunnya Test Interview Prodi Bulan Mei (Gelombang I)
  • Pendaftar umum (dengan biaya studi dari instansi atau sendiri): Januari s.d akhir Juni dan setiap tahunnya Test Interview Prodi Bulan Juli (Gelombang II)
  • Awal perkuliahan bulan Agustus

BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA (BPPS) diperuntukkan bagi staf pengajar tetap perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berstatus pegawai negeri (memiliki NIP) atau dosen tetap yayasan, serta diwajibkan melengkapi persyaratan seperti yang tercantum dalam formulir, dan usia pelamar maximal 50 tahun.

Nah, itulah sekilas informasi tentang beasiswa S2 di ITB untuk program studi seni rupa dan design. Bagi Anda yang berminat silahkan mencoba peruntungannya. Semangat mencoba dan semoga sukses J

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *