Dahulu China termasuk Negara yang tidak begitu diperhitungkan dalam dunia perekonomian. Tetapi kini China malah menguasai pasar ekonomi dunia sehingga perekonomiannya berkembang pesat. China yang penduduknya terbanyak sedunia ini bahkan bisa menumbangkan Negara adidaya Amerika Serikat, Jepang dan Jerman. Hampir semua sector ekonomi China menguasainya. Dengan perkembangan yang pesat dalam bidang perekonomian ini, salah satu faktor yang terpengaruh perkembangannya adalah bidang pendidikan. Jikalau ada pepatah yang mengatakan “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China” ini sangatlah tepat karena saat ini pendidikan di China menjanjikan masa depan yang baik. Sehingga, beasiswa yang banyak ditawarkan oleh Pemerintah China menjadi daya tarik tersendiri oleh pelajar Indonesia untuk meraihnya.

China adalah Negara yang tegas dan diprediksi menjadi Negara Adi Kuasa yang baru. Dua hal inilah yang menjadi daya tarik khusus bagi masyarakat Indonesia untuk memburu beasiswa ke China. Tegasnya Negara China ditunjukkan salah satunya dengan tidak adanya situs google ataupun youtube yang merupakan situs pencarian paling laris di dunia. Hal ini dilakukan agar warganya lebih kreatif untuk menciptakan alternatif-alternatif dan dengan begitu China disebut sebagai Negara peniru yang ulung. China pun disebut-sebut sebagai negara Adi Kuasa yang baru karena China mulai tampil dan diprediksi banyak pakar akan menggantikan Amerika menjadi Negara Adi Daya.

Salah satu pemberi beasiswa adalah Jinan University jurusan Budaya dan Bahasa China. Jenis beasiswa untuk warga negara di luar China ada dua, yaitu :

1. Beasiswa untuk Mahasiswa Dari Luar Negeri Fakultas Bahasa dan Kebudayaan Tionghoa

Beasiswa  ini terbagi atas 2 macam, dan Anda dapat mendaftar kedua-duanya. Beasiswa ini terbagi atas 3 kelas, dan diberikan kepada mahasiswa dari luar negeri yang memenuhi syarat dan telah belajar lebih dari setengah tahun (tidak termasuk pembelajar yang mengambil program pilihan dan berbagai kursus jangka pendek). Mahasiswa yang memenuhi syarat dapat langsung mengajukan permohonan kepada fakultas tersebut.

2. Beasiswa Pelatihan Guru Pendidikan Bahasa Tionghoa Di Luar Negeri Oleh Kantor Urusan Huakiao

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dari luar negeri tingkat Pascasarjana. Penerima beasiswa ini setelah lulus kuliah diharuskan untuk memberi kontibusinya kepada pendidikan bahasa Tionghoa setempat. Pemohon Beasiswa ini sebelumnya harus mengajukan permohonan kepada Kantor Urusan Hoakiao Tiongkok, dan harus menandatangani dokumen melalui pemeriksaan dan verifikasi oleh Kantor Urusan Hoakiao.

Di salah satu universitas lain di China, 40 mahasiswanya berasal dari Indonesia. Para mahasiswa tersebut mendapatkan beasiswa dari Pemerintah China karena prestasi akademiknya yang bagus. Beasiswa pun bermacam-macam, seperti biaya kuliah yang gratis hingga lulus, pembayaran setengah dari uang SPP, dan pembayaran seperempat SPP.

Beasiswa China lainnya yang juga menarik adalah, Chinese Government Scholarship-University Postgraduate Study Program (CGS-UPSP) yang dibentuk oleh Kementrian Pendidikan China. (CGS-UPSP) menawarkan beasiswa kepada mahasiswa Internasional, termasuk pelajar Indonesia, untuk meraih gelar S-2 dan S-3 di Zhejiang University, China. Untuk tahun akademik 2011/2012 CGS menyediakan 30 beasiswa program S-2 dan S-3. Jenis beasiswa yang ditawarkan antara lain biaya pendaftaran dan biaya kuliah, peralatan laboratorium, asrama, tunjangan hidup sebesar CNY 2,000 per bulan untuk program S-3 dan CNY 1,700 per bulan untuk program S-2, dan lain-lainnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa  tekun, rajin, serta memiliki nilai akademik yang baik, saatnya bersiap-siap untuk bergabung bersama 7.000 mahasiswa asal Indonesia yang sudah lebih dulu berada  di Negeri Tirai Bambu ini. Dan untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa di China, lebih lengkapnya silakan kunjungi http://en.csc.edu.cn. Semangat mencoba dan semoga sukses J

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *