Beasiswa MonbukagakushoJepang adalah salah satu Negara luar biasa yang ada di Asia Tenggara. Meskipun wilayahnya kecil, tetapi Jepang menjadi Negara yang sangat produktif menghasilkan produk-produk yang sangat banyak kita jumpai, terutama di pasar teknologi. Selain itu, Jepang sudah benar-benar menjadi Negara yang selalu tumbuh dan berkembang pesat dengan semangat dan kreatifitasnya yang tak pernah luntur walaupun pernah mengalami kehancuran karena kejadian bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945. Sehingga Jepang dewasa ini menjadi Negara yang disegani dunia. Karena perkembangannya inilah banyak sekali orang yang ingin menu ntut ilmu di negeri sakura ini. Apalagi pemerintah Jepang selalu memberikan program beasiswa setiap tahunnya. Program beasiswa ini dikenal dengan Monbukagakusho (?????) atau MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology) atau dikenal juga dengan Monkasho atau Monbusho. Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu pengetahuan dan Teknologi Pemerintah Jepang. Beasiswa ini terbuka bagi seluruh orang di dunia dan termasuk Negeri kita Indonesia.

Indonesia dan Jepang sudah cukup lama menjalin hubungan bilateral di bidang pendidikan dan kebudayaan. Sudah banyak pelajar Indonesia yang belajar di Jepang karena beasiswa dan juga dengan biaya sendiri. Beasiswa yang cukup banyak dicari orang Indonesia adalah beasiswa Monbukagakusho ini. Beasiswa ini memberikan fasilitas berupa biaya hidup dan biaya studi selama berada di Jepang. Namun, beasiswa ini tidak memberikan jaminan kerja setelah selesai menempuh pendidikan di Jepang.  Program beasiswa yang ditawarkan oleh Monbukagakusho antara lain :

  1. Research Student bagi lulusan perguruan tinggi (S1 ataupun S2).
  2. Undergraduate, College of Technology, dan Professional Training College bagi lulusan SLTA.
  3. Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang.
  4. Teacher Training bagi guru.

Untuk program Beasiswa MEXT Research Student ada 2 macam, yaitu yang direkomendasikan oleh Kedubes dan yang direkomendasikan oleh universitas (dikenal juga dengan Monbusho U to U).

Beasiswa Monbukagakusho ini biasanya sudah dibuka sejak bulan April. Ada 2 tahap seleksi untuk meraihnya, yaitu:

  1. Primary screening di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.
  2. Secondary screening di MEXT di Jepang.

Primary screening adalah tahap paling awal berupa seleksi dokumen yang biasanya pada bulan April-Mei. Semua persyaratan yang diminta dikirimkan ke Bagian Pendidikan Kedubes Jepang. Kemudian dokumen-dokumen itu diseleksi dan yang lolos seleksi akan di tes tulis dan wawancara pada bulan Juli. Tes tulisnya hanya berupa tes bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Setelah itu tinggal menunggu pengumuman. Bagi yang lolos seleksi Primary screening ini artinya bisa lanjut ke seleksi selanjutnya yang diadakan di Jepang yaitu Secondary screening.

Pada Secondary screening, kita harus menyerahkan kembali dokumen –  dokumen seperti pada awal mendaftar dan ditambah satu dokumen lagi yaitu Letter Of Acceptance dari professor atau calon pembimbing kita di Jepang. Dokumen-dokumen tersebut diserahkan kepada Kedubes pada bulan Agustus-September. Dan sekarang kita hanya tinggal menunggu pengumuman terakhir yang biasanya keluar sekitar bulan Desember – Januari. Jika lolos tahap ini, maka bersiap-siaplah untuk terbang ke Jepang.

Setelah kita  dipastikan diterima, status kita barulah sebagai research student (non-degree). Jika ingin menjadi degree student, kita masih harus mengikuti admission procedure dari universitas yang bersangkutan. Degree yang dimaksud bisa saja master (untuk lulusan S1) ataupun doktoral (untuk lulusan S2).

Pada masa research student (non-degree) ini, kita akan belajar bahasa Jepang dan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi jika ingin mengambil Degree. Masa mendapatkan beasiswa sebagai research student maksimal hanya 2 tahun (untuk keberangkatan April) atau 1.5 tahun (untuk keberangkatan Oktober). Jika saat ujian masuk degree kita lulus, maka status beasiswa research student yang waktunya masih ada akan otomatis hilang dan kita didaftar sebagai penerima beasiswa S2 (2 tahun lagi) atau S3 (3 tahun lagi). Jika kita gagal di ujian pertama pada masa research student tersebut, maka kita bisa mengikuti ujian masuk kedua atau ketiga sampai masa research student habis. Jika sampai waktunya research student habis dan kita masih belum bisa lolos ujian, maka kita akan dipulangkan. Inilah sedikit informasi seputar Beasiswa Monbukagakusho. Semoga bermanfaat dan semangat mencoba!! J

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *