Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu (YAAB-ORBIT) merupakan lembaga sosial non profit yang memberikan program beasiswa bantuan biaya studi kepada pelajar atau mahasiswa yang berprestasi namun memiliki kendala dalam biaya pendidikannya. Beasiswa ini biasa disebut sebagai Beasiswa ORBIT. Yayasan Beasiswa ORBIT didirikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 bapak B.J. Habibie dan sang isteri ibu Hj. Ainun Habibie. Beliau berdua adalah tokoh yang sangat peduli dengan dunia pendidikan, dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mengadakan Beasiswa ORBIT. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa SLTA dan mahasiswa yang memenuhi syarat-syarat dibawah ini :

1)      Memiliki Moral dan Etika Yang baik.

2)      Memiliki prestasi dan potensi unggul pada bidang akademik dan non akademik tingkat sekolah, propinsi atau nasional.

3)      Memiliki nilai rata-rata semester minimal 8 (untuk kelas 2 SMA, semester 4).

4)      Memiliki nilai komulatif semester (IPK) minimal 3.00 untuk mahasiswa. Dan diutamakan minimal berada di semester 4.

5)      Mengalami keterbatasan dalam membiayai pendidikannya.

6)      Memiliki rasa kejujuran dalam memenuhi kewajiban sebagai penerima dana bantuan beasiswa.

7)      Pemberian Beasiswa dapat dilanjutkan bagi ANBIM (anak bombing) SMA yang berprestasi, lulus SMA dan langsung diterima di PTN Unggulan

8)      Beasiswa diprioritaskan untuk siswa/i dan mahasiswa/i jurusan eksakta.

Selain syarat-syarat secara umum seperti di atas, ada beberapa persyaratan administratif yang harus dipenuhi peserta dalam melakukan pendaftaran Beasiswa ORBIT. Peserta diharapkan melengkapi dengan sebaik-baiknya dari dokumen-dokumen yang dipersyaratkan itu agar dapat memberikan nilai plus saat penilaian berlangsung. Dokumen dan langkah-langkah yang harus dipenuhi peserta adalah sebagai berikut :

1)      Mengisi formulir lamaran dan kelengkapan dokumen. Formulir bisa didownload di internet.

2)      Menyertakan fotocopy raport/nilai per semester dari semester 1 s/d terakhir yang telah dijalani

3)      Menyertakan surat keterangan kurang mampu dari RT/RW atau keterangan penghasilan orang tua atau slip gaji Negeri/Swasta

4)      Menyertakan  fotocopy Kartu Keluarga

5)      Menyertakan Surat keterangan Siswa/Mahasiswa Aktif dari Sekolah/perguruan tinggi

6)      Menyertakan foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

7)      Menyertakan data penunjang seperti piagam penghargaan aktifis.sertifikat prestasi

Dalam penyeleksian, ada pihak yang menentukan peserta diterima atau tidak. Pihak-pihak yang berperan dalam penyeleksian Beasiswa ORBIT tersebut adalah :

1)     Team seleksi Perwakilan YAAB-ORBIT; (waktu dan tempat seleksi ditentukan oleh perwakilan dimana pelamar beasiswa menjalani studi)

2)     Team seleksi YAAB-ORBIT Pusat

Syarat-syarat di atas bisa dipenuhi jauh-jauh hari sebelum tanggal penyerahan terakhir. Agar Anda dapat menyiapkannya dengan baik dan hati-hati. Secara umum, mekanisme seleksi yang terjadi adalah :

1)      Mengisi formulir pendaftaran yang telah diunduh di internet.

2)      Menyerahkan formulir yang telah diisi dengan lengkap beserta berkas-berkas persyaratan lainnya di atas ke alamat YAAB ORBIT secara langsung atau dikirim ke alamatnya.

3)      Penyeleksian dilakukan biasanya pada bulan Agustus dan diadakan setiap tahunnya.

4)      Pengumuman hasil seleksi beasiswa ORBIT biasanya dilakukan setelah bulan Agustus.

Setelah Anda lolos dalam penyeleksian Beasiswa ORBIT ini, maka unjangan yang anda peroleh dari YAAB ORBIT untuk tingkat SMA sederajat adalah Rp 60.000,00 per bulan selama setahun. Dan untuk tingkat akademisi (S1) adalah Rp 100.000,00 per bulan selama setahun. Tunjangan terebut minimal bisa membeli peralatan sekolah atau beberapa buku yan diperlukan dalam perkuliahan. Jikalau tidak diperlukan mendadak, tunjangan bisa ditabung agar bisa semakin banyak dan bisa digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan.

Sehingga, siapa yang tidak menginginkan Beasiswa ORBIT yang seleksi dan persyaratannya tidak begitu susah itu? Di atas adalah info singkat dari Beasiswa ORBIT. Semoga bisa bermanfaat dalam memburu beasiswa. Semangat mencoba dan semoga sukses J

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *