SMA Negeri 1 Depok

SMA Negeri 1 Depok merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Depok, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Sekolah yang berlokasi di Jalan Nusantara Raya Nomor 317 Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok ini ternyata telah mengalami 8 kali pergantian kepemimpinan. M. Djuhdi merupakan Kepala SMA Negeri 1 Depok yang pertama. Beliau menjabat dari tahun 1977-1979. Pengganti beliau, Drs. Ngatijo menjabat sampai tahun 1982. Setelah itu, SMANSA dikepalai oleh M. Daudin tahun 1982-1986. Pada tahun 1986-1989, Drs. Rohandi Natadipura memimpin sekolah ini. Kemudian, beliau digantikan berturut-turut oleh Soegianto Suronto (1989-1993), Drs. Wirya Djaya Atmaja (1993-1995), dan Drs. H. Didi Djunaedi Samaun (1995-2002). Pengembangan sains dan kedisiplinan menjadi prioritas utama beliau pada sekolah ini. Kewajiban memakai pin salah satunya. Benda bulat seperti ‘jengkol’ berwarna biru ini launching akbarnya tepat pada awal semester 2. Pergantian kepemimpinan juga sejalan dengan bertambahnya kualitas sekolah ini baik dari segi fisik pembangunan maupun mental pendidikannya. Dulu, saat sekolah ini dioperasikan untuk pertama kalinya, bangunan yang ada hanya ruang kelas 1.2 yang sekarang sampai laboratorium komputer. Pembangunan demi pembangunan terus dilakukan sampai akhirnya menjadi seperti yang kita lihat sekarang ini. Kini sekolah ini memiliki 18 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang kepala sekolah, laboratorium IPA, perpustakaan, mushola, kantin, dan sarana lainnya yang menunjang KBM di SMANSA. Hal terpenting dari semua itu adalah pengakuan masyarakat yang tinggi terhadap SMA Negeri 1 Depok sebagai sekolah favorit di Depok. Dengan kualitas pendidikan yang unggul diharapkan SMA Negeri 1 Depok terus menelurkan putra/putri terbaik bangsa yang mampu menjadi pemimpin masa depan.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Menjadikan SMA Negeri 1 Depok sebagai sekolah unggulan yang kompetitif dan berwawasan lingkungan menuju sekolah bertaraf Internasional tahun 2015.  Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Menjadikan Sekolah Unggul yang Kompetitif Bidang Akademik dan Non Akademik
  • Menjadikan Sekolah Bernuansa Religius yang Memiliki Wawasan Global dan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup
  • Menjadikan Sekolah yang Berpredikat Bertaraf Internasional
  • Meningkatkan dan menumbuhkan perilaku disiplin, dedikasi, loyalitas dan tanggungjawab semua warga sekolah terhadap pelaksanaan tugas, hak, dan kewajiban sesuai dengan tupoksinya masing-masing
  • Meningkatkan profesionalisme dengan mengembangkan potensi diri Guru/Pegawai melalui pendidikan, pelatihan, penataran, semiloka, workshop dan lainnya demi tercapainya pendidikan yang bermutu
Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu