SMA Negeri 5 Kota Cimahi

SMA Negeri 5 Kota Cimahi merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 5 Kota Cimahi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 5 Kota Cimahi dahulu berasal dari Sekolah Guru, disebut OVVO (Opleiding School Volk Sonderwijors) artinya Sekolah Pendidikan guru yang bertujuan menyiapkan calon tenaga guru yang lulusannya diberi kewenangan untuk mengajar di kelas I, II dan kelas III Sekolah Rakyat. Lembaga ini berlangsung dari tahun 1948 hingga tahun 1951, menjelang masa pembubaran mengalami penggantian nama, menjadi Sekolah Guru dua tahun.

Pada tahun 1952 Sekolah Guru dua tahun ini berubah menjadi SGB (Sekolah Guru Besar) yang berlangsung sampai dengan tahun 1961. Sekolah ini bertujuan mempersiapkan calon Guru Sekolah Dasar empat tahun, yaitu dari kelas I sampai dengan kelas IV. Pada Waktu itu di Cimahi terdapat dua SGB, yaitu SGB Negeri I yang beralamat di Jln. Jenderal Sudirman yang dikepalai oleh Bapak Yusuf Marga. Sedangkan SGB Negeri II beralamat di Jln. Gatot Subroto yang dikepalai oleh Bapak R.Subandi Sastra Winangun.Selanjutnya berdasarkan surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.333/SK/B.III tanggal 30 Agustus tahun 1960 lahirlah SGA Negeri Cimahi yang dikepalai oleh Drs.Ahmad Musa. Sekolah ini bertempat di Jln. Gatot Subroto Cimahi.

Pada pertengahan tahun 1961, SGA Negeri Cimahi mendapat kesempatan untuk menempati bekas bengunan sekolah cina yang beralamat di Jln. Pacinan No. 23 Cimahi. Setelah terjadinya peristiwa G30 S/PKI, SGA Negeri Cimahi mengisi tempat tersebut secara permanen.

Visi dan misi

Visi SMA Negeri 5 Cimahi sebagai bagian dari Pendidikan menengah memiliki rumusan yang mengacu kepada rumusan Tujuan Umum Pendidikan. Secara terperinci rumusan tujuan tersebut tertuang dalam rumusan Visi, sebagai berikut : Mewujudkan SMA Negeri 5 Kota Cimahi : “Bertaqwa, Berprestasi Dan Berwawasan Global” (B3G). dengan indicator visi sebagai berikut :

  • Mewujudkan insan cendekia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  • Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik.
  • Menguasai Informasi Teknologi dan berbagai bahasa.
  • Berkarakter mandiri.

Untuk mencapai visi diatas, SMA Negeri 5 Cimahi memiliki kegiatan yang dilakukan sebagaimana terjabar dalam Misi sebagai berikut :

  • Membina warga sekolah menjadi manusia yang taat terhadap ajaran agamanya.
  • Mewujudkan warga sekolah yang berakhlaq mulia.
  • Menggali dan mengembangkan potensi dalam bidang IPTEK.
  • Meningkatkan prestasi dalam bidang bahasa, olahraga dan seni.
  • Mengenali potensi diri untuk berkembang secara optimal.
Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu