Syarat Memperoleh Beasiswa Djarum

Bagi PT Djarum, pendidikan adalah salah satu peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya kawula muda dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, sejak tahun 1984 melalui program Djarum Bakti Pendidikan, Djarum secara konsisten memberikan beasiswa kepada para mahasiswa-mahasiswi strata satu (S1) yang memiliki prestasi tinggi dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia baik Negeri maupun Swasta. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan pada semester 4 dari semua disiplin ilmu. PT Djarum ingin semakin menegaskan komitmennya memajukan dunia pendidikan. Sehingga mulai tahun ini, Djarum Bakti Pendidikan telah merubah namanya menjadi Djarum Beasiswa Plus. Hal ini disesuaikan dengan arah kegiatan CSR PT Djarum pada bidang pendidikan yang akan fokus terhadap pemberian beasiswa. Peran aktif Djarum untuk memajukan pendidikan dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi tinggi, yaitu dengan memberikan berbagai pelatihan soft skill untuk membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan serta menjadi pemimpin yang intelektual.

Para calon penerima Djarum Beasiswa Plus atau disebut Beswan Djarum tersebut akan diseleksi secara ketat dan harus memenuhi persyaratan IQ dan EQ sehingga di kemudian hari mereka memiliki kecerdasan emosional dalam proses meraih cita-citanya.

Seleksi yang dilakukan oleh pihak  Djarum Beasiswa Plus berupa Tes potensi akademik (TPA)/ psikologi, wawancara dan membuat tulisan singkat. Lalu calon Beswan Djarum akan diverifikasi untuk memastikan kandidat yang lolos tes seleksi dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 pada akhir semester IV. Setelah itu akan diumumkan hasil penerimaan Beswan Djarum yang bisa dilihat di http://www.djarumbeasiswaplus.org dan juga tersedia di bagian kemahasiswaan kampus.

Setiap Beswan Djarum ini akan menerima beasiswa sebesar Rp 750.000 setiap bulan selama 1 (satu) tahun. Selain dana beasiswa tersebut, para beswan Djarum juga diberikan pembekalan berbagai macam soft skills, yang berguna untuk menyeimbangkan antara pencapaian akademik yang diperoleh di kampus dengan keterampilan yang dimilikinya. Dengan pemberian pelatihan soft skill berupa pelatihan mengenai wawasan kebangsaan, pengembangan karakter, kepemimpinan, kreatifitas serta beberapa kegiatan lain di bidang sosial, lingkungan, pendidikan dan budaya, diharapkan beswan Djarum kelak bisa menjadi manusia Indonesia yang disiplin dan cakap. Karakter soft skill yang diberikan antara lain, wawasan kebangsaan, character building, leadership training, lomba debat, lomba karya tulis, dan kegiatan lainnya.

Persyaratan Umum yang diajukan oleh Djarum Beasiswa Plus adalah :

  1. Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1) pada semester IV dari semua disiplin ilmu.
  2. IPK minimum 3.00 pada semester III.
  3. Dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV.
  4. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar Kampus.
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

Lalu langkah selanjutnya setelah mengetahui syarat di atas dan Anda merasa memenuhi nya, yaitu mengajukan surat permohonan beasiswa kepada perguruan tinggi melalui Direktur Administrasi Kemahasiswaan atau Pembantu Rektor III, dilampiri dengan :

  1. Form pendaftaran yang sudah diisi. Form tersebut tersedia di Bagian Kemahasiswaan di  kampus masing-masing, atau dapat didownload melalui media internet.
  2. Fotocopy Kartu Hasil Studi semester III.
  3. Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/ surat keterangan aktif berorganisasi.
  4. Surat keterangan dari kampus tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  5. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna memakai jas almamater.

Untuk tahun ini pendaftaran beasiswa dimulai 1 April – 31 Mei 2012. Seleksi akan dilakukan mulai 1 Juni – 18 Juli 2012, dan verifikasi dilakukan 21 – 30 Agustus 2012. Sedangkan pengumuman para pemenang beasiswa akan disampaikan 31 Agustus 2012. Bagi Anda yang berhasil memenangkan kompetisi beasiswa ini, kucuran beasiswa mulai disalur 1 September 2012 – 31 Agustus 2013.

Bagi Anda yang memenuhi syarat umum di atas dan bersedia mengurus segala macam kebutuhan administrasinya, segeralah mengambil langkah pertama untuk mendaftar dengan meminta form pendaftaran ke bagian kemahasiswaan masing-masing fakultas atau mendownloadnya di internet. Sayang sekali kalau beasiswa ini tidak dimanfaatkan, karena kesempatannya hanya sekali kecuali Anda beberapa kali berada di semester IV.  Anda akan mendapatkan banyak manfaat selain mendapatkan beasiswa itu sendiri. Semangat mencoba dan semopga sukses J

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

One thought on “Syarat Memperoleh Beasiswa Djarum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *